15 Harga Kawat Bronjong Per Meter Terlengkap 2020

Harga Kawat Bronjong – Kawat bronjong atau dikenal dengan nama Gabion ini merupakan sebuah kontruksi dasar untuk sebuah bangunan atau tanggul. Kawat bronjong ini sering kita lihat ketika pembangunan pondasi di area sungai atau area-area lain yang rawan akan longsor. Penggunaan pondasi menggunakan kawat bronjong juga dinilai lebih awet dan kokoh.

Selain itu kawat bronjong saat ini uga kerap digunakan untuk pondasi bangunan rumah. Fungsi-fungsi lain mengenai kawat bronjong juga akan kita bahasa pada pertemuan kali ini. Berbicara mengenai kawat bronjong, kawat jenis ini telah banyak dijual di toko-toko bangunan atau jasa khusus pembuatan kawat bronjong yang ada di daerah-daerah setempat.

Pembangunan pondasi memang harus benar-benar di perhitungkan dengan sangat matang. Hal ini tentu bertujuan agar bangunan nantinya lebih awet, kuat dan kokoh. Khusus untuk pondasi area tepi sungai memang saat ini wajib menggunakan kawat bronjong, terlebih di area sungai yang rawan banjir, kawat bronjong menjadi solusi utama untuk pencegahan banjir.

Mengenai kelebihan dan kekurangan juga harus kita ketahui agar kita lebih mengenal jauh akan kegunaan kawat bronjong yang satu ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam seputar kawat bronjong mulai dari harga, fungsi, spesifikasi, kelebihan dan juga kekurangan yang telah kami siapkan berikut ini.

Harga Kawat Bronjong Per Meter Terlengkap

Harga Kawat Bronjong

Fungsi Kawat Bronjong

Selain beberapa fungsi diatas, kegunaan kawat bronjong ini juga masih ada beberapa yang wajib kalian ketahui. Dimana fungsi utamanya adalah untuk melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing agar tidak terjadi kelongsoran. Penerapan pada tepi sungai dan tanggul merupakan penerapan yang sangat penting. Disamping itu juga sebagai pembentuk bendungan untuk meningkatkan volume air sungai.

Bagian tepi sungai memang rawan sekali mengalami erosi akibat arus derasi dari sungai yang berlangsung terus-menerus. Dengan ini bronjong berfungsi sebagai penjaga area tepi sungai dari derasnya arus sehingga bantaran sungai nantinya tidak mudah hancur. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak fungsi-fungsi lain kawat bronjong berikut ini.

  • Untuk memperkuat tebing yang miring agar stabil.
  • Mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor.
  • Melindungi dari abrasi serta sebagai pemecah gelombang ringan.
  • Membangun konstruksi penahan tanah.
  • Sebagai pelindung pilar jembatan dari gerusan aliran air.

Spesifikasi Kawat Bronjong

Sedangkan untuk spesifikasinya, kawat bronjong ini memiliki beberapa macam ukuran yang dijual di pasaran. Untuk spesifikasi lengkapnya mari kita simak dibawah ini.

  • Ukuran box : 2 x 1 x 0,5 m ; 2 x 1 x 1 m ; 3 x 1 x 0,5 m ; 3 x 1,5 x 0,5 m.
  • Ukuran kawat anyam/kawat sisi : 2,7 mm/3 mm ; 3 mm/4 mm
  • Ukuran lobang anyaman : 80 x 100 mm
  • Segi enam beraturan/hexagonal
  • Lilitan ganda (double twist / 3 x lilitan )
  • Toleransi ukuran kawat 5 %.

Harga Kawat Bronjong

Harga Kawat Bronjong Galvanis

KeteranganUkuranHarga
Kawat Bronjong/Gabion2 x 1 x 0,5 m / Diameter 2,7 / RAM 8 x 10Rp 315.000
Kawat Bronjong/Gabion2 x 1 x 0,5 m / Diameter 2,7 / RAM 15 x 17Rp 230.000
Kawat Bronjong/Gabion2 x 1 x 0,5 m / Diameter 3,4 / RAM 15 x 17Rp 280.000
Kawat Bronjong/Gabion2 x 1 x 0,5 m / Diameter 2,7 / RAM 25 x 25Rp 190.000
Kawat Bronjong/Gabion2 x 1 x 0,5 m / Diameter 3,4 / RAM 25 x 25Rp 230.000

Harga Kawat Bronjong PVC Diameter 2,7 mm

KeteranganUkuranHarga
Kawat Bronjong/Gabion2 x 1 x 0,5 m RAM 8 x 10Rp 569.000
Kawat Bronjong/Gabion3 x 1 x 0,5 m RAM 8 x 10Rp 780.000
Kawat Bronjong/Gabion3 x 1,5 x 0,5 m RAM 8 x 10Rp 1.065.000
Kawat Bronjong/Gabion2 x 1 x 1 m RAM 8 x 10Rp 762.000
Kawat Bronjong/Gabion3 x 1 x 1 m RAM 8 x 10Rp 1.100.000
Kawat Bronjong/Gabion4 x 1,5 x 1 m RAM 8 x 10Rp 1.435.000

Kelebihan dan Kekurangan

Sama halnya dengan jenis material atau bahan kontruksi bangunan lainnya, kawat bronjong juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib kalian ketahui berikut ini.

Kelebihan

  • Kuat dan Kokoh
  • Daya tahan cukup lama
  • Fleksibel dan praktis dapat mengikuti perubahaan keadaan
  • Tidak memerlukan adanya drainase
  • Kawat bronjong tahan karat
  • Pengerjaannya dapat dikerjakan oleh setiap pekerja yang terlatih
  • Untuk pengisian bronjong dapat menggunakan batu kali atau batu pecahan

Kekurangan

Untuk soal kekurangan, kawat bronjong yang menggunakan baja berlapis galvanis sangat kurang cocok jika digunakan di area tepi sungai karena kawat akan lebih mudah terkena korosi atau berkarat. Selain itu kawat bronjong harus dibuat di lokasi yang lebar agar lebih maksimal hasilnya.

Cara Pembuatan Kawat Bronjong

Pembuatan kawat bronjong dapat dibuat dengan menggunakan 2 cara, yakni cara manual dan cara pabrikasi.

Cara Pabrikasi

Cara pembuatan dengan pabrikasi adalah dengan menggunakan mesin. Kebanyakan kawat bronjong yang dijual dipasaran sudah tentu memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Harga kawat pabrikasi juga dijual dengan harga yang bervariasi sesuai dengan jenis dan ukurannya.

Cara Manual

Sedangkan untuk cara manual ini dibuat oleh tukang yang memiliki keahlian tinggi dalam pembuatan kawat bronjong. Hasilnya memang kurang maksimal jika dibandingkan dengan pembuatan pabrikasi, namun untuk kualitas tidak berbeda jauh dengan cara pabrikasi. Untuk harganya juga bervariatif tergantung jenis dan ukurannya.

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga kawat bronjong yang dapat kami sampaikan diatas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai pondasi cakar ayam yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)