Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah Semua Jenis Bagi Pemula

Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah – Pembangunan sebuah rumah wajib memperhitungkan beberapa bagian dari sebuah rumah salah satunya pada bagian atap rumah, pada bagian tersebut memang sangat vital sekali karena berfungsi sebagai penahan panas dan hujan. Dikarenakan terdapat beberapa jenis atap yang sudah ada seperti sekarang ini, maka wajib untuk memperhitungkan sudut kemiringannya.

Sebelum proses pembuatan atap memang wajib menghitung kemiringan atapnya hal tersebut bertujuan agar nantinya ketika hujan air tidak masuk ke dalam rumah, dikarenakan kemiringan atap tidak sesuai dengan prosedur. Berbeda jika atap yang kalian gunakan menggunakan seng atau sejenisnya tidak perlu melakukan perhitungan cukup pastikan jika sudah miring sehingga air bisa jatuh ke bawah.

Meskipun setiap tukang bangunan terbiasa membuat sebuah rumah akan tetapi banyak model model yang semakin kesini semakin modern, jadi tidak terbiasa dengan konsep yang biasanya dikerjakan untuk itu kalian wajib tahu cara menghitung kemiringan atap rumah. Adapun cara menghitungnya sama saja mulai dari jenis atap tegola, limas, potong gudang, modern, kubah, lengkung dan masih banyak lagi lainnya.

Pada umumnya setiap atap rumah memiliki ukuran kemiringan mulai dari 25 derajat sampai 40 derajat, dalam penentuan kemiringan wajib mengetahui jenis genteng apa yang akan digunakan. Selain itu wajib mengetahui ukuran dari atap tersebut, semisalnya menggunakan jenis atap miring sangat disarankan untuk menggunakan sudah 30 derajat atau 40 derajat dimana terdapat jaminan air akan lebih lancar.

Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah

Bagi kalian yang penasaran dengan cara menghitung seperti apa, hal pertama harus dilakukan mengetahui rumus menghitung atap, lalu ketahui bahan yang digunakan serta ukuran luas atap berapa. Tentunya banyak yang ingin mengetahui lebih jelas bukan ? Baiklah agar mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak langsung ulasan mengenai cara menghitung kemiringan atap rumah seperti dibawah ini.

Baca  Biaya Membuat Tangga Cor & Material : Model L & U

Jenis Atap Rumah

Diatas sudah kami jelaskan kepada kalian semua mengenai atap rumah memiliki banyak jenis yang sudah tersedia, namun pada umumnya terdapat 2 jenis paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Berikut kami sedikit informasikan dari kedua jenis seperti dibawah ini.

Jenis Atap Limas

Untuk jenis atap yang pertama adalah limas, memiliki tampilan yang lebih bagus dari beberapa jenis lainnya membuat banyak orang lebih memilih menggunakan ini. Dari sisi tampilan juga terlihat lebih enak di pandang, terlebih lagi jika atap sudah di cat dengan warna yang gelap akan lebih keren lagi.

Jenis Atap Miring

Kemudian lanjut ke jenis atap miring, memiliki tampilan lebih simple model ini dapat dikatakan lebih mudah dibuat karena hanya memiliki satu miringan saja. Berbeda dengan jenis limas yang mana proses pembuatan agak sedikit lebih ribet, jadi banyak orang lebih memilih jenis ini karena proses pembuatan mudah dan budget juga tidak banyak.

Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah

Kemudian lanjut ke pembahasan utama yaitu cara menghitung kemiringan atap rumah, seperti sudah dijelaskan ada beberapa tahap harus diketahui dahulu. Jika penasaran dengan cara menghitungnya seperti apa silahkan simak langsung seperti dibawah ini.

Rumus Menghitung Kemiringan Atap Rumah

Hal pertama harus dilakukan mengetahui rumus hitungan kemiringan atap rumah, dengan mengetahui hal ini maka lebih mudah untuk menghitungnya. Adapun untuk rumusnya akan kami informasikan kepada kalian semua seperti dibawah ini.

c² = √b² + a²

Kemiringan Atap : √Alas² + Tinggi²

Keterangan :

a : Tinggi atap.
b : Alas atap.
c : Kemiringan atap.

Cara Hitung Kemiringan

Setelah mengetahui rumus seperti diatas maka lanjut proses menghitungnya, adapun contohnya sebua atap memiliki alas 4 meter serta memiliki tingga atap 2,8 meter. Jadi untuk perhitungannya dapat kalin simak seperti dibawah ini :

Baca  √ Cara Menghitung Biaya Plesteran Dinding Terlengkap 2022

Kemiringan Atap = √ Alas² + Tinggi²
Kemiringan Atap = √ 4² + 2,8²
Kemiringan Atap = √ 16 + 7,84
Kemiringan Atap = √ 23,84
Kemiringan Atap = 4,88 meter

Dari perhitungan sudah kami contohkan bahwa kemiringan atap rumah tersebut adalah 4,88 meter, dimana hitungan tersebut merupakan kemiringan dari tinggi atap ke titik bawah. Di situ kalian bisa mengetahui berapa besar derajat tingkat kemiringan, sampai disini apakah kalian semua sudah paham dan jelas.

Apabila masih bingung juga dengan perhitungan seperti diatas dapat konsultasi langsung ke orang yang sudah berpengalaman, dimana nantinya kalian akan di beritahukan secara detail akan cara hitung yang benar seperti apa.

Kesimpulan

Melihat dari pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa cara menghitung kemiringan memang mudah sekali, dimana wajib mengetahui rumus serta luas atap saja. Diatas juga sudah kami jelaskan kepada kalian semua akan caranya, kami rasa kalian akan mudah untuk menghitungnya.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kemiringan atap rumah untuk semua jenis atap disertai dengan rumus serta ukuran kemiringan dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.