4 Perbedaan Struktur dan Konstruksi Bangunan Terlengkap 2021

Perbedaan Struktur dan Konstruksi Bangunan – Bagi kalian yang bekerja di bidang properti, pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan struktur dan konstruksi bangunan. Mungkin bagi sebagian orang struktur dan konstruksi bangunan ini memiliki pengertian dan fungsi yang sama.

Namun, sebenarnya kedua komponen tersebut memiliki perbedaan satu sama lain entah itu tentang pengertian ataupun kegunaannya. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin membangun rumah impian penting untuk mengetahui definisi dari kedua komponen tersebut.

Perlu kalian ketahui, STRUKTUR BANGUNAN merupakan sesuatu yang disusun atau dibangun dengan pola tertentu serta berdasarkan pengaturan unsur atau bangunan sebuah benda. Sedangkan konstruksi bangunan ialah susunan berupa model atau tata letak suatu bangunan.

Cukup berbeda bukan? Oleh sebab itu, penting untuk kalian ketahui mengenai definisi masing-masing komponen bangunan tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai perbedaan struktur dan konstruksi bangunan.

Perbedaan Struktur dan Konstruksi Bangunan Terlengkap

Perbedaan Struktur dan Konstruksi Bangunan

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengerti apa perbedaan konstruksi dengan struktur bangunan di dunia properti. Namun, tak jarang pula beberapa orang yang masih belum paham mengenai perbedaan kedua komponen tersebut. Bagi kalian yang penasaran perbedaan struktur dan konstruksi bangunan, simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Struktur Bangunan

Struktur Bangunan 1

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, struktur merupakan susunan atau pengaturan bagian-bagian bangunan yang menerima beban atau konstruksi utama sebuah bangunan. Berikut adalah beberapa pengelompokkan struktur bangunan berdasarkan jenis dan bagian-bagiannya.

Bagian Struktur Bangunan

Bagian struktur bangunan dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu struktur bagian bawah, tengah dan bagian atas. Untuk lebih jelasnya dapat kalian simak pembahasan berikut ini.

  • Struktur bagian bawah merupakan bagian-bagian bangunan yang letaknya di bawah permukaan tanah. Biasanya struktur bagian bawah ini terdiri atas pondasi dan SLOOF.
  • Struktur bagian tengah ialah komponen-komponen yang berada di atas permukaan tanah dan di bawah atap. Struktur bagian tengah ini umumnya terdiri dari dinding, ring dan kolom.
  • Struktur bagian atas yaitu sejumlah komponen yang memiliki fungsi untuk menopang atap bangunan. Staruktur bangunan yang berada di bagian atas antara lain yaitu kuda-kuda dan rangka.

Jenis Struktur Bangunan

Selain dibedakan berdasarkan bagiannya, struktur bangunan juga dapat dibedakan berdasarkan material pembentukannya. Jenis-jenis struktur bangunan tersebut di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Struktur kayu
  • Struktur baja
  • Struktur beton

Konstruksi Bangunan

Konstruksi Bangunan

Kontruksi bangunan ialah susunan dan hubungan bahan bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan yang dapat menahan beban berat. Sampai di sini mungkin kalian sudah mengerti sedikit perbedaan struktur dan konstruksi bangunan.

Syarat Konstruksi Bangunan

Agar suatu bangunan layak untuk dihuni, konstruksi bangunan juga harus memenuhi beberapa persyaratan. Nah, di bawah ini adalah sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar konstruksi sebuah bangunan layak untuk ditinggali.

  • Kuat dan awet serta tidak mudah rusak atau roboh sehingga dapat menghemat biaya perawatannya.
  • Memiliki bentuk dan ukuran yang fungsional untuk memenuhi kebutuhan bangunan.
  • Memiliki nilai estetika sehingga enak untuk dipandang.
  • Memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup sehingga akan terasa nyaman oleh penghuninya.
  • Ekonomis, yang mana di dalam proses pembangunannya tidak terlalu membutuhkan biaya terlalu besar.

Jenis Konstruksi Bangunan

Konstruksi di dalam bangunan digolongkan menjadi empat macam, yaitu konstruksi gedung, transportasi, air dan konstruksi khusus. Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing jenis konstruksi tersebut.

  • Konstruksi gedung merupakan konstruksi yang dipakai untuk mendukung kebutuhan hidup manusia. Konstruksi yang satu ini yaitu meliputi rumah, apartemen, hotel, kantor dan lain sebagainya.
  • Kontruksi transportasi yaitu konstruksi yang dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum. Sebagai contoh untuk konstruksi jenis ini yaitu jembatan, jalan raya, stasiun, bandara dan lain-lain.
  • Konstruksi air ialah konstruksi yang dibuat untuk mengelola air di atas tanah. Pembuatan konstruksi jenis ini biasanya meliputi bendungan, irigasi, waduk, drainase, got, gorong-gorong dan lain sebagainya.
  • Konstruksi khusus adalah konstruksi sebuah bangunan yang dibuat dengan tujuan khusus, seperti manara jaringan listrik, menara jaringan radio, menara pemancar televisi dan lain-lain.

Nah itulah sekiranya yang dapat Ahlikuli.com sampaikan kali ini mengenai perbedaan struktur dan konstruksi bangunan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian di dunia properti.