50 Desain Mushola Minimalis 2021 : Dalam & Luar Rumah

Desain Mushola Minimalis – Bagi kalian umat Islam, tentu ketika melaksanakan salat dan berdoa membutuhkan konsentrasi dan privasi yang lebih. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya tempat atau ruangan yang terisolasi dan tidak ada suara berisik.

Mushola menjadi salah satu ruangan penting yang harus kalian miliki, baik di dalam rumah ataupun di luar rumah. Tidak usah terlalu mewah, kalian juga bisa membangun atau membuat tempat untuk beribadah seperti mushola ini dengan konsep minimalis.

Dengan adanya mushola di rumah, kalian bisa mengajarkan kepada anak-anak pentingnya meluangkan waktu serta ruang untuk salat dan berdoa. Pada dasarnya, membuat mushola cukup mudah untuk dilakukan, pasalnya ruangan sekecil apapun dapat kalian manfaatkan.

Namun, dalam proses pembangunannya juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal-asalan. Nah, untuk membantu kalian menemukan model yang tepat, berikut ini akan kami berikan beberapa rekomendsi desain mushola minimalis baik di dalam rumah ataupun di luar rumah.

Desain Mushola Minimalis : Dalam & Luar Rumah

Desain Mushola Minimalis

Tips Mendesain Mushola Minimalis

Sebelum membahas beberapa desain mushola minimalis lebih lanjut, sebaiknya kalian mengerti terlebih dahulu beberapa tips terbaik dalam mendesain ruangan tersebut. Tips-tips tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Gunakan furnitur yang paling esensial.
  • Hadirkan warna-warna pastel pada mushola minimalis.
  • Maksimalkan pencahayan alami.
  • Beri aksen dekorasi supaya tidak monoton.

Desain Mushola Minimalis

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara mendesain mushola agar mendapatkan hasil yang bagus, selanjutnya akan kami berikan berapa contoh modelnya. Di bawah ini adalah rekomendasi desain mushola minimalis yang bisa kalian contoh di rumah.

1. Mushola Minimalis dengan Warna Lembut

Mushola Minimalis dengan Warna Lembut

Ruangan dengan warna-warna lembut akan memberikan suasana yang menenangkan. Oleh karena itu, warna-warna lembut seperti krem dan putih sangat cocok untuk ruang ibadah seperti mushola minimalis.

2. Mushola Minimalis dengan Cahaya Alami

Mushola Minimalis dengan Cahaya Alami

Ruangan yang sehat ialah ruangan yang memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang alami akan sangat berguna untuk membuat ruangan terasa segar dan tidak lembap.

3. Mushola Minimalis dengan Tempat Wudhu

Mushola Minimalis dengan Tempat Wudhu

Kurang lengkap rasanya jika mushola tidak memiliki tempat untuk berwudhu. Jadi, buatlah tempat wudhu minimal satu keran air di dekat mushola minimalis hunian kalian.

4. Mushola Minimalis dengan Furniture Simpel

Mushola Minimalis dengan Furnitur Simpel

Dengan konsep yang minimalis, kalian bisa memperindah mushola dengan mengisi beberapa furnitur yang fungsional. Kalian bisa menggunakan kabinet terbuka atau berpintu kaca untuk menyimpan alat-alat ibadah.

5. Mushola Minimalis dengan Dekorasi Dinding

Mushola Minimalis dengan Dekorasi Dinding

Kaligrafi ayat-ayat Al-Quran dapat kaian gunakan untuk mendekorasi dinding mushola. Namun, jangan terlalu banyak memasang dekorasi dengan ukuran besar sehingga ruangan akan tampak lebih luas.

6. Mushola Minimalis dari Material Alami

Mushola Minimalis dari Material Alami

Desain mushola minimalis selanjutnya ini berasal dari material alami seperti bebatuan dan kayu. Material-material tersebut akan membuat mushola di RUMAH MINIMALIS kalian semakin nyaman untuk digunakan.

7. Mushola Minimalis dengan Rak Dekoratif

Mushola Minimalis dengan Rak Dekoratif

Rak yang menempel di dinding dapat kalian gunakan untuk memperindah mushola minimalis. Rak yang terfokus pada satu sisi ruangan tersebut juga akan mempercantik dan memperindah mushola dengan nuansa elegan dan simpel.

8. Mushola Minimalis Berbatasan dengan Ruang Keluarga

Mushola Minimalis Berbatasan dengan Ruang Keluarga

Sesuai dengan konsep minimalis yaitu memanfaatkan ruang yang sederhana tanpa menghilangkan fungsi dan unsur estetika ruangan, kalian bisa membuat mushola yang berbatasan langsung dengan ruang keluarga di dalam hunian. Kalian bisa menggunakan pembatas kayu yang kokoh untuk bisa sedikit meredam suara dari ruang keluarga.

9. Mushola Minimalis dengan Lampu Dinding

Mushola Minimalis dengan Lampu Dinding

Salah satu hal yang harus kalian perhatikan dalam desain mushola minimalis yaitu tentang pencahayaan. Gunakanlah lampu dindng yang tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang pada mushola minimalis kalian.

10. Mushola Minimalis Dekat dengan Taman

Mushola Minimalis Dekat dengan Taman

Apabila kalian memiliki taman mini di luar rumah, kalian juga bisa membuat mushola yang berbatasan dengan taman. Nuansa hijau yang berasal dari taman akan membuat ruangan mushola terasa lebih sejuk dan enak dipandang.

11. Mushola Minimalis dengan Karpet Pola Mozaik

Mushola Minimalis dengan Karpet Pola Mozaik

Karpet berpola mozaik ini bisa kalian gunakan untuk memberikan kesan mediterania pada mushola. Karpet yang satu ini akan memberikan variasi tekstur pada ruangan serta kesan mushola yang lebih luas.

12. Mushola Minimalis dengan Langit-Langit Tinggi

Mushola Minimalis dengan Langit Langit Tinggi

Kalian juga bisa membangun mushola minimalis dengan langit-langit yang tinggi agar membuat ruangan tersebut menjadi lebih lapang. Selain itu, langit-langit yang tinggi juga akan memberikan suasana ruangan yang sejuk dan tidak pengap.

13. Mushola Minimalis Hangat Berwarna

Mushola Minimalis Hangat Berwarna

Apabila mushola yang kalian miliki terletak di belakang rumah, kalian bisa mengecatnya dengan warna yang terang. Hal itu tentunya bukan tanpa alasan, pasalnya mushola yang berada di luar rumah ini akan terkena udara segar sehingga membuat ruangan akan terasa lebih sejuk.

14. Mushola Minimalis Bersekat

Mushola Minimalis Bersekat

Dengan adanya jendela besar pada mushola, membuat sinar matahari dapat masuk pada saat pagi hari. Gunakan sekat atau partisi dengan desain yang selaras dengan interior mushola agar ruangan tidak terasa panas.

15. Mushola Minimalis dengan Sentuhan Industrial

Sentuhan Industrial

Desain mushola minimalis berikutnya yaitu lekat dengan warna-warna asli material bangunan seperti semen dan ekspos. Jika kalian menginginkan suasana yang berbeda di ruangan ibadah, kalian bisa memberikan sentuhan industrial pada ruangan tersebut.

16. Mushola Minimalis Bernuansa Etnik

Bernuansa Etnik

17. Mushola Minimalis Modern

Modern

18. Mushola Minimalis dengan Permainan Cahaya Unik

Permainan Cahaya Unik

19. Mushola Minimalis Tema Monokrom

Tema Monokrom

20. Mushola Minimalis Kekinian

Mushola Kekinian

21. Mushola Minimalis di Bawah Tangga

Bawah Tangga

Demikian penjelasan yang kali ini dapat Ahlikuli.com sampaikan mengenai rekomendasi desain mushola minimalis lengkap dengan gambarnya. Semoga informasi di atas bisa kalian jadikan inspirasi ketika hendak membangun mushola minimalis di rumah.