30 Desain Tangga Rumah Minimalis 2021 : Sederhana, Modern & Mewah

Desain Tangga Rumah Minimalis – Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini ketersediaan lahan untuk pembangunan rumah semakin terbatas. Sehingga masyarakat harus pandai dalam menentukan pilihan desain yang tepat untuk huniannya.

Bagi sebagian orang, rumah minimalis dan bertingkat menjadi solusi agar kebutuhan ruang pada hunian tetap terpenuhi. Oleh karena itu, konstruksi tangga pada STRUKTUR BANGUNAN merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan pada saat mendesainnya.

Seperti yang sudah kalian ketahui, konstruksi tangga merupakan akses penghubung antara lantai yang satu dengan lantai yang lainnya. Dengan begitu, konstruksi tangga pada hunian ini tidak boleh dibuat secara sembarangan atau asal-asalan.

Selain kekuatan dan daya tahannya, desain tangga pada rumah minimalis juga harus kalian perhatikan. Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh desain tangga rumah minimalis yang bisa kalian jadikan inspirasi untuk diaplikasikan di rumah.

Desain Tangga Rumah Minimalis : Sederhana, Modern & Mewah

Desain Tangga Rumah Minimalis

Selain memiliki nilai fungsional pada hunian, tangga juga dapat memberi nilai lebih pada sebuah rumah dengan konsep klasik. Daripada kalian penasaran, langsung saja simak inspirasi desain tangga pada rumah dengan konsep minimalis di bawah ini.

Faktor Penting Tangga Rumah Minimalis

Sebelum membahas desain tangga rumah minimalis, ada beberapa faktor penting yang harus kalian ketahui. Faktor-faktor tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

Desain dan Model

Sebelum mulai merancang tangga, tentukan model dan desain yang ingin kalian ciptakan. Usahakan desain tersebut sesuai dengan konsep rumah minimalis yang kalian miliki.

Posisi Tangga

Sebaiknya posisikan tangga berada di area yang mudah untuk dijangkau dari berbagai sudut rumah. Hal itu bertujuan agar mendukung kelancaran mobilitas penghuni rumah.

Kemanan

Faktor terpenting pada pembuatan tangga yaitu tentang keamanannya. Setidaknya tangga yang akan kalian buat sudah dilengkapi dengan railing tangga, baik itu terbuat dari kayu maupun besi.

Kualitas Anak Tangga

Kualitas anak tangga juga penting untuk kalian perhatikan. Alangkah baiknya gunakan bahan bangunan yang berkualitas supaya konstruksi tangga dapat bertahan lebih lama.

Peralatan Berkualitas

Hal terakhir yang harus kalian perhatikan yaitu mengenai peralatan seperti material bahan bangunannya. Gunakan material bahan bangunan yang berkualitas agar struktur tangga memiliki daya tahan yang tinggi dan awet.

Desain Tangga Rumah Minimalis

Setelah mengerti dan paham beberapa faktor penting pembuatan tangga, berikut ini juga akan kami berikan beberapa desain tangga rumah minimalis. Desain dan model tangga di bawah ini dapat kalian aplikasikan pada rumah dengan konsep minimalis.

Tangga Lurus

Desain Tangga Lurus

Tangga model yang satu ini mungkin menjadi salah satu jenis yang paling banyak digunakan. Pasalnya, tangga ini memiliki bentuk yang memanjang ke atas tanpa adanya belokan atau cabang.

Tangga Berbentuk U

Desain Tangga Berbentuk U

Ruang yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan tangga model ini mungkin tidak terlalu besar. Model yang satu ini mungkin sangat cocok diterpakan pada ruangan rumah minimalis yang kecil dengan bentuknya yang berbelok arah.

Tangga Kayu Standar

Desain Tangga Kayu Standar

Kayu merupakan salah satu material bangunan yang paling sering digunakan dalam membangun rumah. Jika kalian memiliki rumah minimalis, model tangga yang satu ini sangat cocok untuk kalian aplikasikan.

Tangga Spiral

Desain Tangga Spiral

Desain tangga rumah minimalis selanjutnya ini dapat kalian aplikasikan pada ruangan yang cukup sempit. Tangga spiral atau tangga putar ini dinilai lebih fleksibel dibandingkan dengan jenis tangga sebelumnya.

Tangga Kaca

Desain Tangga Kaca

Kalian juga bisa mengaplikasikan material kaca sebagai bahan untuk tangga di rumah minimalis. Penambahan lampu LED di sisi kanah tangga akan menambah nilai futuristik sebuah hunian.

Tangga Tanpa Handrailing

Desain Tangga Tanpa Handrailing

Berikutnya yaitu desain tangga tanpa handrailing atau tanpa pegangan. Desain tangga yang sangat simpel dan terlihat mewah ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah dengan konsep minimalis.

Tangga Logam

Desain Tangga Logam

Untuk tangga yang satu ini sekilas tampak seperti tangga dengan material kaca. Tangga dengan material logam ini juga akan memberikan kesan futuristik hunian dengan tambahan kaca sebagai pengaman.

Tangga Ruang Penyimpanan

Tangga Ruang Penyimpanan

Kalian juga bisa berkreasi pada tangga dengan bentuk yang tidak bisa namun tetap fungsional. Misalkan seperti tangga yang berfungsi sebagai rak buku di atas, kalian bisa menyimpan barang-barang secara praktis.

Tangga Pelangi

Tangga Pelangi

Bagi kalian yang menyukai DESAIN RUMAH dengan kombinasi warna, tangga yang satu ini mungkin sangat cocok untuk kalian terapkan. Tangga pelangi atau rainbow ini akan menambah kesan menarik hunian yang kalian miliki.

Tangga Eksperimen

Tangga Eksperimen

Desain tangga rumah minimalis selanjutnya ini akan memberikan kesan yang unik dan brilian. Kalian bisa bereksperimen dengan menyusun beberapa kayu agar tangga terlihat tradisional namun tetap dengan konsep minimalis.

Tangga Emmental

Tangga Emmental

Untuk kalian yang suka dengan hal-hal unik, mungkin desain tangga emmental yang satu ini cocok untuk kalian aplikasikan. Tangga yang satu ini dapat memberikan rumah minimalis kalian terlihat lebih estetis.

Tangga Semen

Tangga Semen

Tangga yang satu ini akan terlihat lebih sederhana, karena kalian tidak perlu membutuhkan banyak material untuk model ini. Desain tangga yang satu ini bisa kalian terapkan pada rumah minimalis yang ingin terlihat simpel dan natural.

Tangga Kayu Trippy

Tangga Kayu Trippy

Tangga pada rumah minimalis tidak selamanya harus terlihat kaku dan simetris. Pola ornamen kayu di sisi kiri san kanan ini akan membuat tangga terlihat unik. Selain itu, ornamen pada tangga ini juga akan memberikan efek visual yang menyerupai efek halusinasi.

Tangga dengan Perosotan

Tangga dengan Perosotan

Bagi kalian yang memiliki anak kecil di rumah, model yang satu ini dapat kalian jadikan ispirasi untuk struktur tangga. Dengan menambahkan papan seluncur di sampingnya akan menambah kesan rumah menjadi menyenangkan.

Tangga Biru Modern

Tangga Biru Modern

Kalian juga bisa memanfaatkan material logam sebagai sebagai bahan untuk tangga modern di rumah minimalis. Apabila dilihat dari samping, model tangga yang satu ini akan terlihat seperti lipatan kertas.

Tangga Kayu Zigzag

Tangga Kayu Zigzag

Desain tangga rumah minimalis ini akan membuat rumah minimalis kalian terlihat lebih kekinian. Anak tangga pada model ini dibuat dengan posisi zig-zag untuk pijakan kaki kanan dan kiri.

Tangga Melayang

Tangga Melayang

Bagi kalian yang ingin mendapatkan kesan ringkas pada hunian, desain tangga jenis ini dapat kalian terapkan. Kalian bisa membuat tangga melayang dengan cara digantung, ditempelkan pada dinding atau dengan bantuan railing-nya.

Tangga Ular

Tangga Ular

Tangga dengan bentuk seperti ular yang sedang merayap ini akan memberikan kesan rumah yang futuristik. Namun, tangga ini memiliki tingkat kemanan yang rendah untuk anak-anak karena terbuat dari bahan aluminium.

Tangga Cubism

Tangga Cubism

Konsep tangga yang satu ini menyerupai bentuk kubus pada setiap sudut-sudutnya. Dengan perpaduan warna dan rangka minimalis yang tepat akan memberikan kesan unik dan simpel.

Tangga Metal

Tangga Metal

Apabila kalian menyukai rumah minimalis bergaya industrial, mungkin model tangga berbahan metal ini dapat kalian coba. Tampilannya yang tegas dan tidak terlalu banyak polesan ini akan menambah kesan industrial dan minimalis suatu hunian.

Itulah sekiranya yang dapat Ahlikuli.com sampaikan mengenai beberapa desain tangga rumah minimalis lengkap dengan gambarnya. Semoga pembahasan di atas dapat kalian jadikan inspirasi ketika hendak mendesain tangga di rumah dengan konsep minimalis.