√ Apa Itu Jigsaw 2021 : Pengertian, Fungsi, Jenis & Cara Penggunaan

Apa Itu Jigsaw – Bagi kalian yang bekerja sebagai kontraktor atau tukang bangunan pasti sudah tidak asing lagi dengan nama gergaji. Gergaji merupakan salah satu alat pertukangan yang berguna untuk memotong atau membelah suatu benda kerja.

Seiring dengan bekembangnya teknologi, saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan gergaji dengan pengoperasian secara otomatis. Tentunya kemunculan produk tersebut memudahkan para pekerja pada saat proses penggergajian.

Mesin gergaji tersebut juga memiliki bentuk dan jenis serta fungsi yang berbeda-beda. Salah satu jenis gergaji mesin yang kerap digunakan di dunia pertukangan yaitu jigsaw atau juga disebut dengan nama gergaji mesin ukir.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai apa itu jigsaw mulai dari pengertian, fungsi, jenis hingga tata cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, bisa kalian simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Jigsaw : Pengertian, Fungsi, Jenis & Cara Penggunaan

Apa Itu Jigsaw

Apa Itu Jigsaw

Jigsaw atau gergaji ukir ialah alat pemotong yang menggunakan mata pisau bolak-balik untuk memotong kurva atau lengkungan yang tidak beraturan. Produk yang satu ini merupakan salah satu alat pertukangan yang keberadannya cukup penting.

Perlu kalian ketahui, ALAT PERKAKAS ini membutuhkan suplai dari sumber listrik untuk dapat beroperasi. Namun, sayangnya alat ini kurang cocok apabila digunakan untuk memotong benda kerja dengan ukuran yang tebal karena akan menghasilkan potongan yang kurang rata.

Fungsi Jigsaw

Fungsi Jigsaw

Setelah mengerti apa itu jigsaw, kalian juga harus mengetahui fungsi atau kegunaan utama dari perkakas yang satu ini. Biasanya jigsaw digunakan untuk memotong triplek atau papan kayu agar menjadi potongan yang berlekuk-lekuk.

Baca  20 Harga Sewa Truk Pompa Cor 2021 (Jenis Pompa Cor & Ukuran)

Selain itu, alat ini juga bisa kalian gunakan untuk memotong berbagai macam pola yang rumit dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Oleh karena itu, jigsaw menjadi salah satu alat pertukangan penting yang harus dimiliki oleh kontraktor ataupun pekerja bangunan.

Jenis-Jenis Jigsaw

Jigsaw sendiri juga dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu corded dan cordless. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis perkakas tersebut.

Corded Jigsaw

Corded Jigsaw

Corded jigsaw atau jigsaw tenaga listrik dengan kabel ini merupakan jenis yang paling banyak beredar di pasaran. Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya jenis ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, corded jigsaw juga masih menggunakan kabel sebagai penghubung arus listriknya. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk perkerjaan berat ataupun berkelanjutan.

Cordless Jigsaw

Cordless Jigsaw

Jenis yang satu ini memerlukan tanaga baterai untuk dapat beroperasi. Cordless jigsaw atau jigsaw tenaga baterai tanpa kabel ini akan memberikan kebebasan lebih kepada penggunanya.

Namun, salah satu kelemahan dari jigsaw jenis ini yaitu daya tahan baterai yang terbatas. Oleh karena itu, untuk mengatasinya kalian harus membawa baterai cadangan untuk berjaga-jaga.

Harga Jigsaw

Setelah mengetahui apa itu jigsaw dan berniat untuk membelinya, kalian juga harus mengerti berapa kisaran harganya. Saat ini sudah banyak perusahaan alat perkakas ternama yang menawarkan produk jigsaw seperti Dewalt, Bosch, Makita, AEG hingga Black and Decker.

Umumnya alat yang satu ini dijual dengan harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 2.000.000. Semakin mahal harganya, tentu semakin bagus pula kualitas yang diberikan. Oleh karena itu, pilihlah mesin jigsaw dengan cermat dan teliti untuk mendapatkan produk yang berkualitas.

Cara Menggunakan Mesin Jigsaw

Cara Menggunakan Mesin Jigsaw

Untuk penggunaan atau pengoperasian mesin jigsaw ini juga tidak boleh sembarangan. Berikut akan kami jelaskan tata cara menggunakan mesin jigsaw yang baik dan benar.

  1. Gunakan pakaian pendukung keselamatan kerja terlebih dahulu.
  2. Siapkan alat dan bahan pendukung kerja seperti penggaris siku dan rol meteran.
  3. Pastikan bahwa kondisi mesin jigsaw baik dan aman untuk digunakan.
  4. Pasang mata pisau yang sesuai dan kencangkan dengan kunci L.
  5. Mulai mengukur benda kerja yang ingin dipotong menggunakan sketmatch dan berikan tanda dengan penggores.
  6. Selanjutnya masukkan dan posisikan dengan benar benda kerja pada ragum.
  7. Jepit benda kerja yang diikatkan dengan pengunci.
  8. Lalu, nyalakan mesin jigsaw dengan menekan tombol ON dan atur kecepatannya.
  9. Pada saat proses pemotongan berlangsung, kalian harus membawa mesin ini dengan posisi yang tegak lurus.
  10. Setelah itu jika benda kerja sudah terpotong dengan tepat matikan mesin jigsaw dengan menekan tombol OFF.
  11. Terakhir, tunggu hingga hasil potongan memiliki suhu normal untuk dapat melakukan proses finishing.
Baca  30 Harga Blower Ruangan (Exhaust Fan) Semua Merk Terbaru 2021

Seperti yang sudah kalian ketahui, mesin ini memiliki mata pisau yang tajam serta bergerak dengan cepat. Oleh karena itu, pada saat proses pemotongan benda kerja sedang berlangsung lakukan dengan hati-hati agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah sekiranya yang dapat Ahlikuli.com sampaikan mengenai apa itu jigsaw mulai dari pengertian, fungsi, jenis hingga cara penggunaannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa kalian jadikan gambaran sebelum membeli dan menggunakan mesin jigsaw.

0/5 (0 Reviews)