70 Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan Per Meter 2021

Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan – Bata hebel atau bata ringan saat ini menjadi pilihan yang semakin populer dalam pembangunan suatu rumah tinggal. Banyak orang mulai bergeser menggunakan bata hebel sebagai bahan utama dalam pembuatan tembok atau dinding untuk menggantikan fungsi bata merah.

Salah satu alasan mengapa kini banyak orang lebih tertarik menggunakan bata hebel dibandingkan bata merah yaitu karena ukurannya lebih besar sehingga mempercepat proses pemasangan. Selain itu, bobot bata hebel yang ringan juga kerap dijadikan alasan oleh beberapa orang.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak beberapa kontraktor atau pemborong yang menawarkan jasa pemasangan hebel plus bahan. Pastinya hadirnya jasa pemasangan hebel plus bahan tersebut sangat menguntungkan karena pemilik rumah tidak perlu repot mencari bahan material pemasangannya sendiri.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana untuk memasang hebel menggunakan pekerja borongan plus bahan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa ongkos atau harganya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan pasang hebel plus bahan untuk semua ukurannya.

Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan

Keunggulan dan Kelemahan Hebel

Setiap bahan material bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk bata ringan atau hebel. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan menggunakannya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah keunggulan serta kelemahan hebel sebagai bahan material bangunan.

Keunggulan

  • Bobot hebel cenderung lebih ringan.
  • Memiliki ketahanan sekuat beton.
  • Hebel merupakan insulator suhu yang baik.
  • Proses pemasangannya relatif lebih cepat.
  • Finishing dinding menjadi lebih mudah.
  • Hemat biaya pemasangannya.
  • Kedap suara serta air.

Kelemahan

  • Harganya lebih mahal dibandingkan jenis bata lainnya.
  • Membutuhkan tukang berpengalaman pada saat proses pemasangannya.
  • Proses pengeringan lebih lama.
  • Membutuhkan bahan perekat khusus.
  • Berpotensi menyisakan banyak bahan tidak berguna.

Ukuran Standar Hebel

Ukuran Standar Hebel

Sebelum pembahasan mengenai harga borongan pasang hebel plus bahan lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu ukuran standarnya. Dengan mengetahui ukuran idealnya, nantinya kalian juga jadi bisa MENGHITUNG KEBUTUHAN HEBEL terkait konstruksi dinding bangunan.

Di pasaran Indonesia sendiri, terdapat dua ukuran bata hebel yang sering digunakan sebagai material dinding rumah, yaitu ukuran 7.5 cm x 20 cm x 60 cm atau 10 cm x 20 cm x 60 cm. Sebenarnya pemilihan ukuran hebel tersebut tergantung kepada kebutuhan serta keinginan pemilik rumah.

Tentunya masing-masing ukuran tersebut juga akan mempengaruhi HARGA HEBEL PER KUBIK di pasaran. Maka dari itu, ada baiknya diskusikan terlebih dahulu kepada para tukang atau pemborong mengenai ukuran hebel yang akan digunakan, namun tetap dengan memperhatikan tingkat kekuatannya.

Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan

Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan Per Meter

Perlu diketahui, sistem kerja dari pekerja borongan pasang hebel plus bahan ini berarti para pemborong atau kontraktor menyediakan semua alat dan bahan pemasangannya. Dengan kata lain pemilik rumah tidak perlu repot-repot mencari bahan materialnya sendiri seperti membeli hebel, lem perekat dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, besaran harga borongan pasang hebel plus bahan bisa saja berbeda untuk beberapa wilayah karena sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besaran harga borongan tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan serta risiko pada saat proses pemasangannya.

Meskipun demikian, perbedaan selisih harga borongan pasang hebel tersebut juga tidak akan terlalu jauh. Umumnya para pekerja borongan pasang hebel plus bahan tersebut mematok harga mulai dari Rp 125.000 hingga Rp 150.000 per meter perseginya.

Selain itu, ukuran, kualitas serta merek material bata hebel dan perekatnya juga bisa mempengaruhi besaran harga borongannya. Saran kami sebaiknya mintalah kepada pemborong untuk menggunakan material berkualitas meskipun harganya akan sedikit lebih tinggi.

Analisa Biaya Pasang Hebel Plus Bahan

Analisa Biaya Pasang Hebel Plus Bahan

Setelah mengetahui besaran harga borongan pasang hebel plus bahan, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pemasangannya. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan analisa biaya pasang hebel menggunakan pekerja borongan plus bahan.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yaitu silahkan cari tahu terlebih dahulu total volume atau luas bidang pekerjaan pemasangan hebel. Misalkan kalian akan memasang hebel pada dinding dengan panjang 6 meter serta lebar 4 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan : 6 m x 4 m = 24 m2.

Biaya Pasang Hebel

Selanjutnya yaitu menghitung total Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemasangan hebel menggunakan pekerja borongan plus material. Caranya yaitu hanya mengalikan volume pekerjaan dengan HARGA TENAGA BORONGAN BANGUNAN per meter perseginya.

  • Biaya pasang hebel : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang hebel : 24 m2 x Rp 135.000 = Rp 3.240.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang diperlukan untuk memasang hebel pada dinding dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter menggunakan pekerja borongan plus bahan yaitu kurang lebih sekitar Rp 3.240.000.

Tips Memilih Hebel

Tips Memilih Hebel

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian harga borongan pasang hebel plus bahan beserta analisa biaya pemasangannya. Agar mendapatkan material berkualitas, sebaiknya ikuti beberapa tips memilih hebel berikut ini.

  • Pilihlah hebel jenis AAC.
  • Pilih hebel dengan sertifikat SNI ataupun Internasional.
  • Pilih hebel dengan warna putih bersih.
  • Pilih hebel berkualitas meskipun harganya sedikit lebih mahal.
  • Pilihlah hebel dengan ukuran presisi.
  • Lakukan pengujian mutu sendiri.
  • Pilih hebel yang memiliki masa garansi.

Itulah sekiranya penjelasan dari Ahlikuli.com seputar harga borongan pasang hebel plus bahan untuk semua jenis serta ukurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang hebel menggunakan pekerja borongan plus material.