√ Apa Itu Kacamata Safety 2021 : Pengertian, Fungsi, Jenis & Rekomendasi

Apa itu Kacamata Safety – Keselamatan kerja memang jadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena kesalahan sedikit saja bisa menimbulkan efek fatal, salah satu alat yang cukup krusial adalah kacamata safety.

Safety glasses atau safety google memang sering digunakan untuk melindungi mata ketika bekerja sehiingga lebih aman. Sebelumnya kami telah membahas APA ITU JIGSAW, nah dalam penggunaanya jika tidak dibarengi dengan kacamata safety maka akan sangat berbahaya.

Kini ada berbagai jenis pilihan kacamata safety dimana dapat disesuaikan dengan jenis pekerjaan tertentu. Bagi yang baru menjalani profesi sebagai tukang tentunya wajib mengenal apa itu kacamata safety untuk menghindari kecelakaan kerja

Kebanyakan kacamata safety digunakan pada proyek ataupun industri manufaktur yang memiliki resiko cedera mata lebih besar. Kacamata safety juga termasuk kedalam APD atau alat perlindungan diri dimanda didesain khusus untuk pekerja.

Apa Itu Kacamata Safety : Pengertian, Fungsi, Jenis & Rekomendasi

apa itu Kacamata Safety

Kacamata safety juga sudah sesuai dengan standar keselamatan keraja serta kesehatan. Dalam beberapa kasus kacamarta safety juga dipakai untuk menghindari cairan berbahaya ataupun partikel kecil, untuk mengetahui apa itu kacamata safety beserta fungsi dan jenisnya simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Kacamata Safety?

Mengenal Apa Itu Kacamata Safety

Kacamata safety adalah kacamata yang didesain khusus untuk pekerja diarea kerja dengan resiko tinggi. Kacamata safety memiliki beberapa jenis berbeda untuk setiap pekerjaan dimana dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Fungsi Kacamata Safety

Setelah mengetahui apa itu kacamata safety sekarang tinggi fungsi dan kegunaanya. Banyak orang berpendapat bahwa kacamata safety hanya untuk melindungi bagian mata saja, namun ternyata ada kegunaan lainnya

Fungsi Kacamata Safety
  • Utamanya sebagai pelindung mata ketika bekerja dimana sudah termasuk standar keselamatan.
  • Mampu mengindarkan mata dari partikel kecil misalnya debu, radiasi maupun cairan.

Jenis Kacamata Safety

Setiap kacamata safety memiliki jenis yang berbeda demikian pula dengan kemampuannya. Sebelumnya kami pernah membahas APA ITU COPING SAW, tentu akan sangat tepat jika dilengkapi dengan jenis kacamata safety yang sesuai, selain itu anda juga bisa memilih penggunaan kacamata safety berdasarkan jenisnya.

1. Kacamata Safety Spectacles

Jenis ini banyak disebut kacamata safety bening dimana mirip layaknya sebuah kacamata biasa namun disampingnya terturup. Hal tersebut berguna untuk pengaman, kemampuan dari kacamata ini adalah melindungi mata dari partikel debu, logam, kimia atau bahkan penyakit.

2. Kacamata Overspecs

Memang fungsinya hampir menyamai safety spectacles namun kemampuannya dirasa lebih baik. Kacamata ini mampu menutup bagian mata dari atas sampai bawah, ukuran terlihat lebih besar dan juga cembung.

3. Pelindung Muka (Face Shield)

Selanjutanya adalah face shield dimana banyak digunakan dan dikenal orang sebagai pelindung muka. Seluruh area wajah akan tertutup sehingga akan lebih aman, selain itu biasanya alat ini terbuat hanya dari mika tampilan bening serta punya ketebalan tertentu.

4. Visor

Visor atau sering disebut browguards adalah pelindung untuk bagian kepala depan dimana berbahan lebih kuat. Dibekali dengan sistem headband sehingga mudah untuk dipakai dan juga diatur tingkat kekencangannya.

5. Welding Glasses

Sering disebut juga kacamata las dimana memang khusus digunakan tukang las. Biasanya bahan yang digunakan lebih kuat karena mampu melindungi mata dari panas atau bahkan kilatan cahaya, selain itu bagian kacanya juga memiliki mode gelap yang dapat diatur untuk mengurangi silau.

Rekomendasi Kacamata Safety Terbaik

Karena saking banyaknya merek kacamata safety maka kadang membingungkan bagi konsumen untuk memilih mana yang terbaik. Tentunya ada beberapa rekomendasi dari kami dimana berdasarkan pada kualitas dan juga keawetan.

Kacamata Safety Uvex

Kacamata merk uvex ini sudah banyak digunakan sebagai alat keselamatan kerja terbaik. Selain itu uvex juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Kacamata Safety 3M

Siapa yang tidak kenal 3M? Merek ini sudah berpengalaman memproduksi banyak barang berkualitas. Salah satunya adalah produk keamanan safety google dimana dapat dengan mudah anda dapatkan pada marketplace ataupun toko bangunan.

Kacamata Safety MSA

MSA sudah cukup lama memproduksi kacamata safety dan banyak dipakai pada banyak perusahaan besar. Kualitas kacamatanya juga layak diacungi jempol karena tahan lama dan dapat diandalkan untuk berbagai jenis pekerjaan.

Demikan informasi mengenai apa itu kacamata safety dari Ahlikuli.com. Pentingnya kacamata safety untuk berbagai jenis pekerjaan terutama dengan resiko tinggi memang tidak biasa diabaikan, pekerja akan lebih tenang menggunakan safety google karena lebih terlindungi.

0/5 (0 Reviews)