5 Cara Membuat Tiang Tandon Air 2021 : Bahan, Biaya & Pemasangan

Cara Membuat Tiang Tandon Air – Tandon air memang banyak digunakan pada rumah modern saat ini. Fungsi utamanya adalah untuk tempat penampungan dimana akan sangat membantu untuk wilayah kering yang jarang air.

HARGA TOREN AIR yang murah juga menjadi alasan mengapa banyak orang menggunakannya. Tandon air biasanya diletakkan diluar bangunan dengan tiang penyangga berupa besi, baja ringan, kayu atau bahkan cor beton.

Banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara membuat tiang tandor air yang kokoh dan juga tahan lama. Dengan jaman yang sudah maju kini membuat tiang tandon air dapat dilakukan secara cepat dengan memanfaatkan jasa.

Namun bagi yang ingin membuat tiang tandon air sendiri akan menghemat pengeluaran untuk membayar tukang. Selain itu kekuatan dari tiang tandon air memang bergantung kepada material yang akan anda pilih nantinya.

Cara Membuat Tiang Tandon Air

Beban dan kapasitas volume tandon air memang berbeda beda dimana dapat anda tanyakan langsung ke pedagangnya. Kemudian anda bisa memperkirakan berapa banyak material yang akan digunakan supaya tiang tandon air tidak mudah roboh.

1. Bahan Tiang Tandon Air

Banyak orang membuat tiang tandon air dari beton, kayu, besi ataupun baja ringan, namun manakah yang terbaik? Menurut kami besi atau baja merupakan material yang sangat tepat digunakan karena harganya murah dan memiliki daya tahan maksimal.

Bahan Tiang Tandon Air

Jika memilih kayu maka kelemahannya adalah tidak tahan cuaca sehingga mudah lapuk dan keropos. Demikian pula apabila memilih tiang cor maka kelemahanya adalah dari sisi biaya yang akan habis lebih banyak, jadi rekomendasi kami silahkan gunakan besi atau baja ringan.

Baca  5 Cara Menghilangkan Bekas Cat di Lantai yang Mudah

2. Metode Pembuatan Rangka

Untuk membuat tiang tandon air bisa diaplikasikan diatas sebuah bangunan jika rumah bertingkat. Namun jika rumah hanya satu lantai saja maka anda harus membuat tiang atau menara penyangga tandon air disisi bangunan.

3. Spesifikasi Tiang Tandon Air

Untuk tandon air dengan kapasitas 500 liter maka anda dapat memilih material besi siku dengan ukuran 40cmx40cm dimana ketebalannya 1.2mm. Kemudian dibagian palangnya menggunakan besi siku berukuran 30cmx30cm, untuk kotak menaruh tandon air memiliki luas 850cm2 dan tinggi 500cm.

Spesifikasi Tiang Tandon Air

4. Biaya Membuat Tiang Tandon Air

Seperti CARA MEMBUAT CAKAR AYAM, anda dapat memperhitungkan biaya tiang tandon air dengan memperhatikan ukurannya. Kami contohkan dengan tandon air 500liter dimana nanti tingginya sekitar 2700cm dengan estimasi material sebagai berikut.

Tinggi Tandon Air2700cm
Kebutuhan besibesi siku 40×40cm 5 batang besi siku 30×30cm 4 batang
Harga besi siku 40×40cmRp.97.000 x 5 = Rp.485.000
Harga besi siku 30×30cmRp.75.000 x 4 = Rp.300.000
Biaya Las, Potong & CatRp.200.000
Total BiayaRp.485.000 + Rp.300.000 + Rp.200.000 = Rp.985.000

5. Pemasangaan Tiang Tandon Air

Buat rangka berbentuk kotak untuk bagian bak, silahkan potong besi siku 40×40 masing masing dengan ukuran 85cm. Akan terbagi menjadi 4 biji kemudian las untuk menghubungkan sisinya hingga berbentuk kotak.

Lanjutkan dengan membuat rangka tiang dengan diameter bawah lebih lebar dibandingkan atasnya. Pasang juga palang besi dengan cara dilas untuk memperkuat struktur tiang tandon air.

Memang cara membuat tiang tandon air akan maksimal apabila menggunakan las yang benar. Sekian informasi dari Ahlikuli.com, apabila anda kesusahan ketika proses las maka bisa membawanya ke tukang atau bengkel terdekat.