10 Harga Pasangan Batu Kali Per M3 2021 : Kebutuhan Material & Upah

Harga Pasangan Batu Kali Per M3 – Sebagaimana diketahui, fungsi utama sebuah rumah yaitu sebagai tempat tinggal sekaligus perlindungan dari panas, hujan, angin dan gangguan alam lainnya. Tidak hanya sekedar rapi ataupun terlihat indah, tempat tinggal juga harus kokoh serta aman.

Supaya rumah kuat dan kokoh, tentunya diperlukan adanya perencanaan struktur bangunan dengan matang disertai penggunaan bahan dasar berkualitas pula. Salah satu elemen penting yang mampu menjadi indikator kekokohan sebuah bangunan yaitu struktur atau konstruksi pondasi.

Saat ini bahan dasar pembuatan pondasi bangunan juga sudah tersedia cukup beragam, salah satunya yaitu batu kali. Batu kali merupakan salah satu BAHAN BANGUNAN TAHAN API yang kerap diaplikasikan sebagai pondasi bersama campuran semen, pasir serta air.

Namun, sebelum memasang batu kali untuk kebutuhan pondasi bangunan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga pasangan per meter kubiknya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian harga pasangan batu kali per m3 untuk semua komposisi campuran bahan dasarnya.

Harga Pasangan Batu Kali Per M3

Jenis Jenis Batu Kali

Sebelum membahas harga pasangan batu kali per m3 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis-jenis batu kali. Di dalam dunia konstruksi bangunan, setidaknya batu kali dibagi menjadi dua jenis, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Batu Kali Bulat

Batu Kali Bulat

Sesuai namanya, batu kali bulat ialah batuan alami yang berbentuk bulan dan tidak beraturan. Batu kali jenis ini memiliki karakteristik cukup keras serta tahan terhadap cuaca ekstrim. Namun sayangnya semen atau mortar kurang mengikat atau menempel kuat karena tekstur permukaan batu kali bulat halus.

Batu Kali Belah

Batu Kali Belah

Sedangkan batu kali belah merupakan salah satu jenis batu kali yang sudah melalui proses penghancuran atau pembelahan. Batu kali belah diklaim menjadi bahan dasar terbaik ketika digunakan sebagai material pondasi. Sebab, jenis tersebut memiliki sifat keras serta permukaannya cukup kasar sehingga semen mampu menempel dengan kuat.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Kali

Kelebihan dan Kekurangan Batu Kali

Setiap material bahan bangunan tentu memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk batu kali. Sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangan dari batu kali.

Kelebihan

  • Risiko kebocoran struktur lebih kecil.
  • Mampu menguatkan ataupun mempertahankan masa bangunannya.
  • Kebutuhan anggaran biaya pembangunannya relatif rendah.
  • Proses pengerjaannya lebih cepat.
  • Memiliki konstruksi lebih sederhana.
  • Mampu menahan goncangan lebih baik.
  • Dapat disesuaikan dengan lebar yang diinginkan.

Kekurangan

  • Menimbulkan retakan struktur bangunan.
  • Kurang bisa saling mencengkeram antar material.
  • Daya dukung tidak terlalu kuat meskipun layak digunakan untuk menahan beban bangunan sederhana.
  • Kurang cocok digunakan pada bangunan bertingkat.
  • Hanya dapat diaplikasikan pada kondisi tanah di area pembangunan stabil.
  • Tingkat ketahanannya tidak terlalu baik, terutama apabila sering terendam air.

Harga Pasangan Batu Kali Per M3

Daftar Harga Pasangan Batu Kali Per M3

Pada dasarnya, besaran harga pasangan batu kali per m3 ini tergantung pada campuran komposisi bahan pendukungnya, yaitu semen dan pasir pasang. Jika batu kali digunakan sebagai material pondasi bangunan, maka para tukang biasanya menggunakan perbandingan campuran mulai dari 1PC:3PP, 1PC:4PP, 1PC:5PP, 1PC:6PP hingga 1 PC:8PP.

Meskipun demikian, perbandingan campuran antara semen dan pasir yang kerap digunakan ketika membangun sebuah pondasi batu kali yaitu 1PC:4PP. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan perhitungan harga pasangan batu kali per m3 dengan perbandingan 1PC:4PP, mulai dari kebutuhan material hingga ongkos jasa pekerjanya.

Kebutuhan Material

UraianKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah
Batu kali 15/20 cm1.2m3Rp 130.000Rp 156.000
Semen/PC163.000kgRp 1.300Rp 211.900
Pasir pasang/PP0.520m3Rp 135.000Rp 70.200
TOTALRp 438.100

Upah Pekerja

UraianKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah
Pekerja1.500OHRp 38.000Rp 57.000
Tukang batu0.750OHRp 48.000Rp 36.000
Kepala tukang0.075OHRp 52.000Rp 3.900
Mandor0.075OHRp 60.000Rp 4.500
TOTALRp 101.400

Dari data perhitungan di atas, total harga pasangan batu kali per m3 dengan perbandingan campuran adonan 1PC:4PP yaitu kurang lebih sekitar Rp 539.500. Layaknya PERHITUNGAN KEBUTUHAN SEMEN, perhitungan biaya di atas hanya sebuah estimasi dalam proses pasangan batu kali sebagai pondasi bangunan.

Tentunya besaran biaya pasangan batu kali tersebut bisa saja berbeda untuk beberapa wilayah, tergantung dari harga bahan materialnya. Sebagai contoh carilah HARGA SEMEN MURAH dengan kualitas terbaik sehingga mampu menghemat biaya atau harga pemasangannya.

Tips Memilih Batu Kali

Tips Memilih Batu Kali

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian harga pasangan batu kali per m3 mulai dari kebutuhan material hingga ongkos para pekerjanya. Agar struktur bangunan pondasi batu kali dapat berdiri kokoh, ada baiknya ikuti beberapa tips memilihnya di bawah ini.

  • Pilihlah batu kali dalam kondisi kering dengan warna abu-keputihan, abu-kehitaman ataupun abu-kecokelatan.
  • Pilihlah batu kali dengan tekstur agak kasar namun halus.
  • Hindari memilih material yang terdapat mata batu.
  • Perhatikan berat batu kali, semakin berat akan semakin bagus.
  • Pesan atau belilah ukuran batu kali sesuai kebutuhan konstruksi bangunan.

Itulah sekiranya penjelasan dari Ahlikuli.com seputar rincian harga pasangan batu kali per m3 mulai dari total kebutuhan bahan material hingga ongkos jasa pekerjanya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menggunakan batu kali sebagai bahan dasar pembuatan pondasi.